Rabu, 27 April 2011

DURIAN TERONG

Durian Terong Berasal dari kecamatan Sekayam di kabupaten Sanggau Kalimantan Barat seperti durian lokal kalbar sebelumnya menarik perhatian orang karena rasanya enak manis  legit dan kering tidak becek, warnanya  kuning menarik .
Tanaman durian dalam sistematika (Taksonomi) tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut :
Divisio       : Spermatophyta   
Klas           : Angiospermae
Sub Klas     : Dicotyledonae
Ordo         : Bombales
Familia      : Bombaceae
Genus        : Durio
Spesies       : Durio sp
Durian sangat beraneka ragam. Sebagaimana disebut di muka, beberapa spesies selain durian benar (D. zibethinus) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30-an jenis), sembilan di antaranya dapat dimakan. Durian yang benar pun memiliki banyak variasi. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah merilis berbagai kultivar durian unggul. Selain itu terdapat pula ras-ras lokal yang dikenal baik namun belum mengalami tahap seleksi untuk meningkatkan kualitasnya.

Durian Kalimantan Barat banyak berasal dari DAS sungai Kapuas ternyata mempunyai bau yang khas dengan aroma yang menyengat seperti musang, walaupun dengan aroma menyengat masih juga digemari konsumen maniak durian. Oleh karena bau menyengat ini durian Kalimantan Barat kebanyakan masuk pada spesies Durio zibethinus . Meski termasuk dalam spesies Durio zibethinus ada sebagian durian yang baunya sedang tidak menyengat.
Rencana pengembangan durian Terong dengan cara perbanyakan sambung pucuk yang entresnya di ambil dari PIT yang telah ditetapkan dikembalikan ke habitatnya dengan pola pengembangan kawasan sentra durian di kecamatan Sekayam secara swadaya masyarakat terkumpul dalam kelompok-kelompok pengembang durian.

Durian Terong memiliki karakteristik kuantitatif ukuran buah dengan tinggi 13-15 cm dan  diameter buah 10-11. cm, ukuran buah dengan range yang demikian membuat buah ini bentuknya bulat dan kecil beratnya hanya 800-1.500 gr , tidak seperti buah durian yang biasa berbentuk bulat atau lonjong dibanding dengan durian Rinbud berbentuk bulat dan berat buah 5000-7000 gr dan durian varietas Lokad berbentuk bulat dan berat buah 5000-7000 gr, namun durian Terong ini tidak kalah dalam rasa dan penampilan jika di hidangkan di atas meja.
Sebenarnya membuat buah ini memiliki keunikan bahwa buah tersebut bulat seperti bola. 

Durian Terong memiliki tinggi batang lebih kurang 110 m dengan lingkar batang 5.200 cm dan diameter 1.600 cm pada ketinggian 1 m dari permukaan laut. Durian ini mempunyai bentuk tajuk seperti payung dengan bentuk batang bulat dengan warna kulit batang kecoklatan. Daun durian Terong memiliki bentuk daun bulat , permukaan halus dan ujung daun meruncing dengan ukuran daun panjang 9 – 16 cm dan lebar 3,5 – 5 cm. Mahkota bunga berwarna putih kehijauan, warna benang sari kuning dengan jumlah bunga  per tandan 10-20 buah. Durian Terong mempunyai bentuk buah bulat dengan ukuran panjang 16 cm, lebar (diameter) 15 cm. Warna buah hijau dengan bentuk duri meruncing. Bobot buah antara 800 – 1.500 gr dengan ketebalan kulit mencapai 1,5 – 2 cm, jumlah juring per buah 5, pongge 1 – 2 per juring  dengan warna daging kuning keemasan. Tekstur daging buah halus dan kering, rasa manis legit dengan aroma sedang. Tebal daging buah 3 cm. Bentuk biji bulat panjang atau lonjong dengan jumlah biji kempes 1 per buah. Untuk produksi per pohon 500 – 700 buah/pohon/tahun. 
KETAHANAN TERHADAP OPT
          Tanaman Durian Terong seperti pada umumnya durian yang lain hampir 
        tidak ditemukan serangan penyakit, tahan terhadap penggerek buah dan Fusarium 
 
       (Sidang pelepasan telah dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2011)

8 komentar:

  1. mas bukannya karakter terukur itu disebut karakter kuantitatif?

    BalasHapus
  2. o iya, terimakasih koreksinya, kunjungi terus blog ini ya dan saran kami tunggu..

    BalasHapus
  3. salam kenal,
    saya tinggal di kecamatan entikong dan tertarik dengan artikel bapak. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. di manakah kawasan sentra durian kecamatan sekayam sebagaimana tertulis pada artikel?
    2. bagaimana cara mendapatkan benih/bibit durian terong?apakah bisa didapat di sentra atau menghubungi Unit Pengawasan dan Sertifikasi Benih TPH?
    demikian sementara pertanyaan dari saya, sebelumnya asaya ucapkan terima kasih
    Gigih ikhtiari E

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Gigih dapat menghubungi ke upsbtph, kami akan link kan ke penangkar yang menangani, maaf jumlah masih terbatas

      Hapus
  4. Dimana saya bisa dapat bibit durian terong mas...

    BalasHapus
  5. Bibit durian Musangking, kanjao di jogja hub 087839145118

    BalasHapus
  6. terimakasih berkunjung durian musangking, kanjao deskripsinya bisa di share supaya kami dapat infokan ke temen-temen

    BalasHapus
  7. Durian ini telah terdaftar di kementerian pertanian tahun 2011 dengan nama DURIAN TORONG nomor 4701/Kpts/SR.120/11/2011

    BalasHapus